CARA MEMBUAT SURAT MASSAL

 Assalamualaikum Wr. Wb

 

Cara Membuat Surat Massal

 

1. Buka Microsoft Word.

2. Pertama-tama kita buatkan data-data yang akan di undang di Microsoft excel, seperti gambar di bawah.


 

 3. Buatkan surat pernyataan di microsoft word, seperti gambar dibawah.


 4. Setelah membuat surat pernyataan, lalu kita atur di tab Mailings-kemudian klik select Recipients-lalu klik menu use Existing list agar dalam pembuatan surat massal hanya 1 kali mengetik surat pernyataannya.


 5. Setelah mengklik menu Use Existing List maka akan muncul-Select Data Source dan kemudian pilih file data-data mahasiswa yang akan di undang untuk di masukkan secara otomatis di surat pernyataan-lalu klik Open.

 


6. Setalah mengklik Open akan muncul lagi tab Select Table maka akan muncul sheet 1, jika data anda berada di sheet 2 atau 3 maka ada pilih sheet yang terdapat data yang sudah dibuat, seperti gambar bawat- lalu klik Ok.

 


 
7. Pada surat pernyataan pada Nama letahkan kursornya lalu pilih tab insert merge field-lalu klik Nama lakukan sampai Alamat, seperti gambar dibawah.


 8. Setelah mengatur pada Insert Marge Field, lalu kita klik tab Preview Results maka akan muncul seperti gambar dibawah.

 


 9. Lalu jika ingin melanjutkan lagi ke lembar lain ganti nomor 1 ke nomor 2, seperti gambar dibawah.

 


 

10. Jika ingin melihat keseluruhan surat pernyataan maka klik tab Finish & Merge lalu klik Edit Individual Documents, seperti gambar dibawah.


 11. Maka akan muncul Merge To New Documents pilih menu All lalu klik Ok.


 12. Maka akan muncul seperti gambar Dibawah dan nama filenya pun terubah, seperti gambar dibawah.


Sekian dari saya, jika ada kata yang kurang mengenangkan saya atas nama Rusdiana minta maaf 

Komentar

Postingan Populer